29 December 2016

Mengatur Jumlah Karakter Post Snippet Teks Cuplikan Artikel Di Homepage Blog

Mengatur Jumlah Karakter Post Snippet Teks Cuplikan Artikel Di Homepage Blog - Sekarang ini sudah banyak template blog yang menggunakan fitur auto readmore, bahkan bisa dikatakan hampir seluruh blog menggunakan auto readmore di template blognya, baik template yang di buat sendiri maupun template hasil unduhan, blog ini juga menggunakan auto readmore.

Tujuan dari penggunaan auto readmore adalah untuk memendekkan atau memotong tampilan postingan di bagian homepage, sehingga hanya muncul gambar thumbnail dan sedikit teks cuplikan artikelnya saja, jika di klik baru akan muncul jumlah postingan blog keseluruhan.

Mengatur Jumlah Karakter Post Snippet Teks Cuplikan Artikel Di Homepage Blog

Tetapi jika kita menggunakan auto readmore, hanya sedikit saja jumlah karakter teks cuplikannya, jika sobat tidak menyukai hal tersebut, hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan sedikit kode agar kita bisa mengatur jumlah karakter di teks cuplikannya. Cara ini sudah saya terapkan di template yang sudah menggunakan auto readmore tanpa javascript.

Mengatur Jumlah Karakter Deskripsi Snippet di Home Page Blog

Buka blogger, lalu ke menu Template > Edit HTML
Cari kode di bawah ini, gunakan Ctrl + F untuk mempermudah pencarian

<div>
   <data:post.snippet/>
   </div>

Atau kode

<div class='post-snippet'>
      <data:post.snippet/>
    </div>

Atau yang mirip seperti kode di atas, setiap template strukturnya berbeda - beda

Lalu ganti kode di atas dengan kode di bawah ini

<div>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSnippet(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
   </div>

Selanjutnya cari kode </head>, lalu letakkan kode di bawah ini tepat di atasnya

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<script type='text/javascript'>
snippet_count = 160;
//<![CDATA[
function removeHtmlTag(n,e){if(-1!=n.indexOf("<")){for(var t=n.split("<"),i=0;i<t.length;i++)-1!=t[i].indexOf(">")&&(t[i]=t[i].substring(t[i].indexOf(">")+1,t[i].length));n=t.join("")}for(e=e<n.length-1?e:n.length-2;" "!=n.charAt(e-1)&&-1!=n.indexOf(" ",e);)e++;return n=n.substring(0,e-1),n+"..."}function createSnippet(n){var e=document.getElementById(n),t=snippet_count,i='<div class="snippets">'+removeHtmlTag(e.innerHTML,t)+"</div>";e.innerHTML=i}
//]]>
</script>
</b:if>
</b:if>

Untuk mengatur jumlah karakternya adalah kode berikut

snippet_count = 160;

Ganti 160 untuk memperbanyak jumlah karakternya, misalnya diganti menjadi 240, 300, sobat terapkan sesuai dengan keinginan sobat, lalu klik Simpan Template dan lihat hasilnya.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Mengatur Jumlah Karakter Post Snippet Teks Cuplikan Artikel Di Homepage Blog, jika ada kesulitan atau tidak mengerti jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar.
Disqus Comments