30 December 2016

Cara Ampuh Terbaru Mengatasi Halaman Blog Error 404 Di Webmaster Tools

Cara Ampuh Terbaru Mengatasi Halaman Blog Error 404 Di Webmaster Tools - Halaman Error 404 biasanya sering terjadi dan menjadi masalah tersendiri bagi para blogger, karena saat mengecek Google Webmaster Tools terdapat pesan halaman tidak ditemukan atau error 404, biasanya terjadi karena kita menghapus halaman tersebut, padahal halaman tersebut sudah terbaca oleh mesin pencari.

Hal ini bisa berdampak buruk bagi blog kita, dan juga bisa berdampak pada ditolaknya blog kita dari google adsense, saya membaca dari tips jitu diterima adsense dari struktur kode ada salah satu poin yang menyatakan periksalah kesehatan situs anda salah satunya error 404 halaman tidak ditemukan.

Cara Ampuh Terbaru Mengatasi Halaman Blog Error 404 Di Webmaster Tools

Untuk mengatasi masalah ini sudah banyak bertebaran caranya di google, diantaranya adalah dengan cara sebagai berikut.

Cara pertama : menyalin link errornya lalu menghapusnya di hapus url webmaster tools
Cara kedua : dengan cara menandai semua link yang error lalu menekan tombol sebagai yang sudah diperbaiki

Namun cara tersebut bisa dikatakan tidak akurat lagi, mengapa demikian ? untuk cara yang pertama, di Google Webmaster Tools tidak ada lagi tombol untuk menghapus url, awalnya saya juga bingung karena saya juga mengalami yang namanya error 404, ketika saya ingin menghapus url tidak ada lagi tombol hapus url, memang di menu webmasternya masih ada menu remove url, tapi tidak ada lagi tombol untuk menghapus url, yang ada hanyalah tombol temporary hide.

Remove Url Webmaster Tools

Untuk cara yang kedua, bisa dikatakan percuma saja jika kita menekan tombol sebagai yang sudah diperbaiki, mengapa demikian ? karena kita tidak memperbaiki apapun, dan itu hanyalah bersifat sementara, sama seperti cara pertama.

Setelah saya berseluncur di internet, saya menemukan cara yang menurut saya ampuh, yakni dengan cara pengalihan link yang error tadi kehalaman yang baru, atau bisa juga mengalihkannya ke bagian homepage.

Mengapa saya menyebut cara tersebut ampuh ? karena jika di pikir - pikir cara tersebut memang benar, dengan cara mengalihkan halaman error atau halaman yang tidak ditemukan tadi, maka saat mesin pencari melakukan perayapan tidak lagi menemukan halaman error di blog kita.

Sebelum melakukan cara ini, catat atau salinlah url yang error 404 di notepad atau dimana saja asalkan bisa untuk menyimpan sementara urlnya.


Cara Menghapus Crawl Error 404 Page Not Found Di Blog

1. Seperti yang saya katakan tadi, kita akan melakukan pengalihan url, untuk melakukannya sobat buka dashboard blogger, lalu ke menu setelan dan pilih preferensi penelusuran, lihat dibagian pengalihan khusus.

Pengalihan Khusus

Catatan :
kolom dari, sobat isi dengan url halaman yang error, contohnya /2015/05/cara-mudah-mengatasi-invalid-imei.html, di awal link harus menggunakan tanda garis miring " / ", INGAT! harus di awali garis miring.
kolom kepada, sobat isi dengan url halaman yang baru, disini sobat isi dengan halaman yang relavan dengan halaman yang error tadi, atau bisa juga sobat isi dengan tanda garis miring saja " / " jika ingin di alihkan kebagian homepage.
permanen, jangan lupa untuk menceklis permanen dengan cara mengklik kotak disebelah tulisan permanen.

3. Kurang lebih hasilnya seperti ini, dibagian kepada saya isi hanya tanda garis miring karena saya mengalihkannya ke homepage.

Pengalihan Khusus Error 404

4. Selanjutnya jangan lupa untuk menekan tombol simpan perubahan, dan jangan lupa untuk menandai seluruh url yang error di webmaster tools lalu tekan tombol sebagai yang sudah diperbaiki atau tombol mark as fixed.

Untuk mengujinya, halaman homepage sobat ditambahkan dengan url error tadi, misalkan www.musafus.web.id maka menjadi www.musafus.web.id/2015/05/cara-mudah-mengatasi-invalid-imei.html, masukkan urlnya di address bar lalu tekan enter, jika redirect ke homepage maka berhasil, begitu pula jika redirect kehalaman yang baru.

Itulah sedikit tips dan tutorial dari saya untuk mengatasi masalah crawl error 404 halaman tidak di temukan, semoga bermanfaat.
Disqus Comments