11 November 2015

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Ilmu Kalam

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Ilmu Kalam - Secara Etimologi, kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Karena itulah, ciri utama dari ilmu kalam adalah rasionalitas atau logika. Kata kalam mulana dimaksudkan sebagai terjemah dari logos dari bahasa Yunani yang berarti pembicaraan.

Pengertian, Macam - Macam, Dan Fungsi Ilmu Kalam

Menurut Ibnu Khaldun, ilmu kalam ialah ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan-kepercayaan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang--orang yang menyeleweng dari kepercayaan ahli sunah.

Menurut Muhammad Abduh, ilmu kalam ialah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang sifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya. Ilmu kalam juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal yang jaiz yang dihubunkan kepada diri mereka.

Menurut Al-Farabi, ilmu kalam ialah ilmu yang membahas zat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang mungkin, mulai yang berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam.

Macam - Macam Ilmu Kalam sebagai berikut.
1. Ilmu Tauhid, adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat Allah, mengupas dalil-dalil guna membuktikan adanya Zat yang mewujudkan, serta mengupas dalil-dalil sam'iyat guna mempercayai sesuatu dengan yakin, dinamakan ilmu tauhid karena :
- Pokok bahasan utama ilmu ini menyangkut keesaan Allah.
- Keyakinan akan keesaan Allah merupakan akidah paling asasi dan utama bagi setiap muslim.

2. Ilmu Aqa'id, Aqa'id artinya simpulan atau buhul, yaitu kepercayaan yang tersimpul dalam hati, atau pandangan yang bersemayam dalam jiwa manusia dan diyakini kebenarannya sehingga tidak mudah dilepaskan.

3. Ilmu Usuluddin, adalah ilmu yang membahas tentang prinsip-prinsip dasar agama dengan menggunakan dalil-dalil qat'iyyah dan logika. Dinamakan usuluddin karena menjadi objek bahasan utamanya adalah dasar-dasar agama yang merupakan masalah pokok dalam ajaran islam,.

Fungsi Ilmu Kalam
Berikut beberapa fungsi ilmu kalam.
1. Menjaga kemurnian dasar-dasar agama dan memberikan dasar-dasar argumentasi yang kuat di hadapan para penentangnya.
2. Memberikan arahan dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan nasihat, khususnya jika Islam bersinggungan dengan teologi agama lain dalam masyarakat yang heterogen.
3. Menopang dan menguatkan sistem nilai ajaran Islam yang terdiri atas tiga pilar, yaitu: imam sebagai landasan akidah. Islam sebagai manifestasi syariat, ibadah dan muamalah. Serta ihsan sebagai aktualisasi akhlak.
4. Menjadi pijakan bagi ilmu-ilmu syariah.
5. Menjaga kesucian niat dan keyakinan yang merupakan dasar dalam perbuatan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Semoga bermanfaat.

Referensi : Buku LKS Akidah Akhlak
Disqus Comments